Mukhtashar Shahih Bukhari

Kategori: Agama » Aqwam » Ibadah » Islami » Non-Fiksi » Ummul Qura | 266 Kali Dilihat
Mukhtashar Shahih Bukhari Reviewed by [email protected] on . This Is Article About Mukhtashar Shahih Bukhari

Jual Buku Mukhtashar Shahih Bukhari Penulis : Az-Zabidi Penerbit : Ummul Qura Sinopsis : Bagi umat Islam, Shahih Al-Bukhari merupakan kitab rujukan utama untuk memperdalam As-Sunnah sebagai sumber hukum Islam kedua setelah Al-Qur’an. Karenanya, tak heran jika banyak orang yang ingin mengkaji kitab tersebut. Sayangnya, banyak yang menemui kesulitan ketika mengkaji kitab tersebut.… Selengkapnya »

Rating: 1.0
Harga: Rp 175.000 Rp 148.750

Pemesanan Juga dapat melalui :
SKU : 9786027637559
Stok di Gudang Penerbit
1.55 Kg
20-03-2017
Detail Produk "Mukhtashar Shahih Bukhari"

Jual Buku Mukhtashar Shahih Bukhari

Penulis : Az-Zabidi

Penerbit : Ummul Qura

Sinopsis :

Bagi umat Islam, Shahih Al-Bukhari merupakan kitab rujukan utama untuk memperdalam As-Sunnah sebagai sumber hukum Islam kedua setelah Al-Qur’an. Karenanya, tak heran jika banyak orang yang ingin mengkaji kitab tersebut. Sayangnya, banyak yang menemui kesulitan ketika mengkaji kitab tersebut. Tidak mengherankan karena di dalamnya masih terdapat beberapa hadits yang disebutkan berulang-ulang dan belum jelas temanya.

Kesulitan itu akhirnya dapat dijawab oleh Az-Zabidi dalam karyanya, Mukhtasar Shahih Al-Bukhari. Dalam kitab ini Az-Zabidi mengumpulkan hadits-hadits yang tampak bertebaran di berbagai bab kemudian mendudukkannya di tempat yang dipandang tepat sehingga tidak ada pengulangan. Beliau memiliki metode khas yang menjadi keistimewaan dari kitab ini, di antaranya:

– Hanya mengambil hadits yang mempunyai sanad muttashil (rantai periwayatan yang bersambung dan tidak terputus). Sebaliknya, jika haditsnya terputus (maqthu’ atau mu’allaq)  ia tidak mencantumkannya.

– Jika ada haditst yang disebut secara ringkas di tempat yang pertama, dan di dalam riwayat yang lain hadits tersebut disebut secara lebih lengkap dan memiliki tambahan makna maka yang dipilih adalah yang kedua, sedangkan yang pertama ditinggalkan. Hal ini karena yang kedua dinilai memiliki faedah yang berbeda.

– Jika hadits datang dari sahabat dan ulama setelah mereka maka tidak dicantumkan. Az-Zabidi hanya mencantumkan nama sahabat yang meriwayatkan hadits dari Rasulullah agar diketahui siapa yang meriwayatkannya.

Metodologi yang digunakan Az-Zabidi di dalam kitab ini telah memberi nilai tambah bagi khasanah keilmuan Islam. Karenanya, tercatat dalam sejarah bahwa kitab Mukhtashar ini termasuk kitab terpenting tatkala membicarakan Shahih Al-Bukhari.

Kitab Az-Zabidi ini juga diakui sebagai karya paling lengkap isinya dan sederhana penyajiannya. Oleh sebab itu, tidak salah jika berbagai universitas di dunia merekomendasikan kitab ini sebagai salah satu referensi terpenting. Bahkan, kitab ini sengaja diterjemahkan ke berbagai bahasa untuk memudahkan mempelajarinya.

Tags: , , , , , ,

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter